Easiest Way to Cook Delicious Sayur Lodeh Oyong/Gambas + Kacang

Sayur Lodeh Oyong/Gambas + Kacang. Oyong dan bihun akan membuat sayur yang didapatkan lebih spesial dan istimewa, sehigga dengan begitu anda pun tidak akan bosan untuk menyantapnya. Gambas atau oyong, merupakan salah satu tanaman sayuran yang mudah dibudidayakan. Budidaya - Gambas atau oyong atau potulo/petulo adalah tanaman sayuran buah yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae atau suku labu-labuan.

Sayur Lodeh Oyong/Gambas + Kacang Ternyata, sayur gambas (Oyong) memiliki kandungan vitamin yang sangat kaya, seperti vitamin A, B dan C. Selain itu, gambas atau oyong juga sangat rendah kadar gulanya, sehingga cocok untuk yang diabetes. Selain memiliki rasa yang enak, cara pembuatan sayur oyong pun tidaklah terlalu sulit. You can cook Sayur Lodeh Oyong/Gambas + Kacang using 13 ingredients and 5 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Sayur Lodeh Oyong/Gambas + Kacang

  1. Prepare 1 buah of oyong (kalo di daerah saya namany gambas).
  2. It's 1 ikat of kacang panjang.
  3. Prepare 4 bungkus of tempe kecil2.
  4. You need of Bahan bumbu :.
  5. You need 4 siung of bawang merah.
  6. Prepare 5 siung of bawang putih.
  7. You need 10 buah of cabe rawit.
  8. Prepare 1 ruas of lengkuas.
  9. It's 2 lbr of daun salam.
  10. It's 1 st of garam/secukupnya.
  11. Prepare 2 st of gula/secukupnya.
  12. You need secukupnya of Bawang goreng.
  13. You need of Air secukupnya (1/2 panci dulu, klo kurang bs ditambah).

Aneka Resep Sayur Lodeh Terong Sederhana Dengan Rasa Spesial Serta Cara Membuat Bumbu Lodeh Spesial Yang Mengundang Selera. Selain terong, sayuran tradisional yang sering dipakai untuk membuat sayur ini adalah kacang panjang. Ya, resep sayur lodeh terong kacang panjang. Resep sayur lodeh sendiri ada beberapa versi, seperti resep sayur lodeh jawa, resep sayur lodeh sunda, dan juga resep sayur lodeh betawi.

Sayur Lodeh Oyong/Gambas + Kacang instructions

  1. Uleg bawang merah, bawang putih, cabe rawit, garam, dan gula, tidak perlu terlalu halus, geprek lengkuas.
  2. Siapkan panci, beri air setengahny saja, masak air hingga mendidih.
  3. Jika sudah mendidih masukkan bumbu yang sudah diuleg tadi kemudian masukkan kacang yang sudah dipotong2 dan dicuci bersih, tunggu hingga mendidih dan kacang lunak.
  4. Jika kacang sudah lunak masukkan tempe dan oyong, tunggu sebentar hingga oyong lunak. Jika oyong sudah lunak matikan kompor.
  5. Tambahkan bawang goreng secukupnya, sayur lodeh siap disajikan.

Menu sayur lodeh bahkan menjadi masakan favorit bagi sebagian besar masyarakat kita khususnya para orang tua, karena cita rasanya yang enak dan sedap. Lodeh merupakan sayur berkuah dengan santan ditambah bumbu rempah yang kuat. Biasanya bahan utama sayur lodeh adalah nangka muda dan kacang panjang. Sayur lodeh juga pas disajikan sebagai menu andalan lebaran. Kamu bisa mencampurkan ketupat dengan sayur lodeh.

Komentar