Easiest Way to Prepare Yummy Pangek masin ikan (masakan minang)

Pangek masin ikan (masakan minang). Olahan ikan gurih Pangek Ikan khas Minang ini nggak bakal bikin kamu kecewa! Kalo penasaran, tinggal cari RM Azrako di Sumatera Barat ini! Pangek Ikan - Foto Oleh Febrianti.

Pangek masin ikan (masakan minang) Pangek ikan adalah sayur dari olahan ikan dengan kuah santan yang dimasak hingga kental. Masakan rebus ini banyak ditemui di rumah tangga Walau tidak setenar rendang, masakan ini banyak juga yang menyukainya. Kombinasi rasa asam, pedas dan gurih akan beraduk membuat kita. You can cook Pangek masin ikan (masakan minang) using 14 ingredients and 4 steps. Here is how you cook it.

Ingredients of Pangek masin ikan (masakan minang)

  1. It's of Ikan sesuai selera..terserah ikannya apa..biasanya ikan karang.
  2. Prepare 4 batang of tahu putih.
  3. You need of Santan secukupnya (setiap daerah beli santannya pasti carnya bda.
  4. It's of Bumbu halus.
  5. It's 4 siung of bawang putih.
  6. It's 2 ruas of jahe.
  7. You need of Sejari telunjuk kunyit (kalau bisa yang warnanya pekat).
  8. It's 10 of siuang bawang merah (ditumbuk).
  9. It's 30 buah of cabe rawit hijau (di tumbuk).
  10. It's of Daun daunnya.
  11. You need 1 lembar of daun kunyit.
  12. It's 1 lembar of daun salam.
  13. It's 3 buah of asam kandis.
  14. Prepare Secukupnya of daun ruku2 (bileh di skip).

Ikan mas menjadi primadona karena ikan ini cukup rakus dengan berbagai umpan sehingga lebih mudah di tangkap , selain itu rasanya juga sangat nikmat untuk diolah menjadi berbagai jenis masakan. Ikan mas biasanya menjadi pilihan utama ketika memancing di kolam pemancingan berbayar karena. Masakan Minang iolah sadoalah macam masakan nan barasa dari kawasan Minangkabau, khususnyo Sumatera Barat. Masakan ko dikenal sacaro laweh sabagai masakan Padang.

Pangek masin ikan (masakan minang) step by step

  1. Cuci bersih ikan tiriskan.
  2. Potong tahu kotak kotak atau bisa sesuai selera.
  3. Haluskan bawang putih,jahe dan kunyit setelah ke 3 bahan ini halus tumbuk kasar bawang merah dan cabe rawit hijay (sampai bijinya keluar) ini nanti yang membuat warna gulai berubah hijau..
  4. Hidupkan kompor,tuangkan santan ke kuali disertai bumbu halus dan ditumbuk,masukan daun daun. Lalu masukkan ikan..kecilkan api.. aduk santan pelan saja agar tidak pecah santan...masukkan garam dan penyedap rasa. Kalau hampir matang baru tambahkan tahu agar tidak hancur. Koreksi rasa....

Asalinyo ragam masakan tasabuik indak hanyo dari Padang, tapi juo Bukiktinggi, Pariaman, Solok, Payokumbuah. Pangek adalah teknik pemasakan khas Minang, yaitu dengan mengentalkan racikan bumbu terlebih dulu sebelum memasukkan bahan utamanya. Dahulu kala, sajian pangek juga berciri khas dimasak dalam belanga tanah liat di atas tungku kayu. Bukan hanya ikan, hampir semua bahan bisa dimasak. Padusi minang, sangat terkenal dengan keahlian memasaknya.

Komentar