How to Make Perfect Ikan cukil bumbu kuning

Ikan cukil bumbu kuning. Ikan cukil ini kaya protein lho, teman-teman. Sehingga dapat membantu mencukupkan kebutuhan protein tubuh Anda. Silakan mencoba sendiri resepnya di rumah.

Ikan cukil bumbu kuning Ikan cukil merupakan contoh kombinasi dari ikan air tawar dan ikan air asin/laut karena ia mampu beradaptasi dan menjalani kehidupannya di kedua jenis air Ikan cukil memiliki daging yang tebal dan merupakan salah satu jenis ikan yang banyak digemari. Resep Ikan Bumbu Kuning Ikan bisa diolah dengan berbagai macam cara mulai dari digoreng, bakar, kukus hingga dibumbu kuning. Banyak orang yang lebih memilih memasak ikan dengan cara digoreng biasa saja. You can have Ikan cukil bumbu kuning using 19 ingredients and 5 steps. Here is how you cook that.

Ingredients of Ikan cukil bumbu kuning

  1. It's 2 ekor of ikan cukil (kalo disini ikan cukil gatau yaa kalo di daerah lain).
  2. Prepare 1 buah of jeruk nipis.
  3. Prepare of garam.
  4. Prepare of bumbu-bumbu.
  5. You need 8 siung of bawang merah.
  6. Prepare 4 siung of bawang putih.
  7. You need 1 ruas of kunyit.
  8. It's 1 ruas of jahe.
  9. You need 1 ruas of laos.
  10. Prepare 5 biji of kemiri.
  11. Prepare 3 lembar of daun jeruk.
  12. You need 1 batang of serai.
  13. It's 1 buah of tomat merah.
  14. Prepare 1 buah of tomat hijau.
  15. You need secukupnya of belimbing wuluh.
  16. Prepare secukupnya of garam.
  17. It's secukupnya of gula.
  18. You need 1 gelas of santan.
  19. You need secukupnya of air.

Bersihkan ikan dari jeroan dan kotorannya serta sisik ikan pada bagian kulitnya, cuci bersih lalu goreng hingga setengah matang, angkat dan tiriskan. Haluskan bumbu-bumbu lalu masak dengan cara ditumis hingga tercium aroma harum. Bumbu kuning yang simpel sangat sedap dipadukan dengan ikan tongkol. Daging ikan tongkol yang gurih ini juga tidak mudah hancur sehingga aman bila dimasak lama.

Ikan cukil bumbu kuning step by step

  1. Cuci bersih ikan dan lumuri dg garam dan jeruk nipis. Diamkan..
  2. Haluskan bwg putih, bwg merah, kunyit, laos, jahe dan kemiri..
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu yg sudah dihaluskan. Tumis sampai bumbu matang, masukkan sereh dan daun jeruk serta air secukupnya (kira2 1 gelas belimbing). Didihkan..
  4. Masukkan ikan masak sampai ikan setengah matang. Tuang santan, didihkan sebentar. Masukkan tomat hijau, tomat merah, dan belimbing wuluh serta garam dan gula. Masak sampai ikan matang..
  5. Angkat dan sajikan.

Sebelum dimasak bersama racikan bumbu, ikan akan digoreng terlebih dulu supaya nantinya bumbu bisa lebih melekat. Untuk penyuka ikan, jenis ikan dan dimasak apapun biasanya tak masalah. Namun biasanya ada beberapa orang yang kurang menyukai ikan mas karena banyak durinya sehingga agak repot saat memakanny. Masak ikan goreng atau ikan bakar dengan bumbu acar kuning memang paling favorit menggunakan ikan mas segar tapi Bunda bisa menggantinya dengan Itulah ide dan inspirasi memasak ikan goreng dengan bumbu acar dengan aneka kreasi olahan dan variasinya. Berikut resepi acar ikan mas sedap.

Komentar